6 Cara Merawat Laptop Efektif

Cara Merawat Laptop merupakan salah satu hal yang mungkin dicari cari oleh anda. Tips merawat laptop yang efektif merupakan hal yang notabenenya perlu diperhatikan. Mengingat, laptop merupakan salah satu hal yang penting dalam hidup. Seperti kita ketahui sendiri, apabila laptop yang kita gunakan sangat mempermudah pekerjaan. Serta juga kita sebagai pengguna membuat terbantu dengan adanya bantuan laptop. Lewat artikel ini, kami ingin merekomendasikan anda tentang bagaimana cara merawat laptop yang efektif.

Mungkin anda merasa bila anda memiliki laptop adalah hal yang menyulitkan, karena tak ingin rusak serta tetap terjaga. Kami dalam artikel referensi ini, ingin merekomendasikan anda tentang bagaimana cara merawat laptop yang efektif dan benar.



Cara Merawat Laptop Efektif


Perhatikan Bagian Luar Laptop 

Laptop akan terkena debu, noda, bahkan sidik jari jika digunakan secara rutin, sehingga terlihat kotor. Jadi, bersihkan bagian luar laptop menggunakan kain lembut bebas serabut atau kain mikrofiber.

Untuk membersihkan keyboard, port, dan area sensitif lainnya, sebaiknya gunakan penyedot debu yang menggunakan udara untuk menghilangkan kotoran yang menumpuk pada laptop.

Namun, sebaiknya jangan menggunakan bahan yang mengancam laptop atau bahan pembersih dalam membersihkan laptop. Sebab, bahan yang tak ramah bisa membuat laptop rusak.

Pelindung Laptop yang Tepat

Pelindung laptop yang berkualitas sebaiknya digunakan agar laptop tidak mudah tergores atau rusak akibat kerusakan ringan atau juga beberapa hal lainnya. Untuk membawa laptop untuk keperluan kantor, rapat di luar ruangan, dan bepergian, sebaiknya gunakan tas dengan bantalan dan bantalan yang cukup, yang akan membantu menjaga laptop Anda aman dari kemungkinan kerusakan yang tak diinginkan.

Keamanan Layar Laptop

Jangan menaruh benda berat langsung di atas laptop karena bagian atas laptop tipis dan layarnya terbuat dari serat kaca tipis sehingga dapat rusak jika ditekan ringan. Perlu diketahui bahwa mengganti layar laptop relatif mahal.

Saat menutup laptop, jangan menutupnya dengan hanya menekan layarnya saja, pegang kedua sisi penutup untuk menutupnya. Dengan begitu, layar laptop tidak akan tertekan.


Perhatikan Ventilasi Laptop 

Pastikan sirkulasi udara laptop berjalan dengan baik. Karena kita tahu bahwa saat laptop menyala, banyak panas yang dihasilkan, jadi pastikan tempat penggunaan laptop memiliki ventilasi yang baik.

Pastikan juga lubang ventilasi dan kipas laptop tidak terhalang debu, kain, atau bahan lainnya.

Laptop sebaiknya digunakan di permukaan yang keras dan datar agar udara dapat bersirkulasi dengan baik. Jika pekerjaan yang membutuhkan proses tinggi, sebaiknya gunakan pendingin atau penyangga agar laptop tetap dingin.


Perhatikan Baterai

Titik sambungan baterai laptop kemungkinan akan korsleting karena penumpukan kotoran, jadi titik sambungan baterai harus dijaga kebersihannya dari waktu ke waktu.

Selain itu, untuk memastikan baterai laptop tahan lama, laptop harus digunakan dengan tingkat kecerahan serendah mungkin. Selain itu, saat tingkat kecerahan ekstra dibutuhkan, menggunakannya langsung dari pengisi daya akan mengurangi beban pada baterai.

Pastikan Pengisian Daya Aman

Selalu gunakan pengisi daya dan adaptor daya dari produsen untuk mengisi daya laptop. Hasilnya, laptop akan terisi daya pada voltase yang tepat dan akan aman dari kemungkinan kerusakan.

Selain itu, sebaiknya jangan melakukan pekerjaan yang membutuhkan proses tinggi saat mengisi daya laptop. Karena panas ekstra yang dihasilkan oleh pekerjaan yang membutuhkan proses tinggi dapat memengaruhi kinerja baterai laptop.

Post a Comment for "6 Cara Merawat Laptop Efektif"